KULIAH? PENTING KAH?

by 18:24 0 comments

Buat yang baru lulus dari SMA maupun SMK, pasti yang jadi pertanyaan terbesar baik dari pribadi maupun orang tua apa lagi kalau bukan, "KULIAH ATAU KERJA?".

Kalau kalian baca artikel di internet, yang paling banyak diperdebatkan dan dijadikan acuan ialah teori milik "Mario Teguh Vs Bob Sadino, Seberapa Penting Kuliah", bukan?
Kesampingkan teori Om Mario dan Om Bob dulu, karena kita akan membahas apa yang didapat dari kuliah  dan sudut pandang pentingnya kuliah dilihat dari sisi kehidupan masa ini.

"KULIAH"

  1. Kenapa harus kuliah sih?
    Jawabannya tidak lain adalah, gelar! Gelar saat ini sangat dibutuhkan untuk melamar pekerjaan, terutama buat kalian yang ingin bekerja sebagai karyawan swasta atau pegawai negeri sipil, gelar adalah hal yang wajib dimiliki. Memang sebagian besar orang tidak mementingkan gelar, tapi dengan adanya gelar, kamu punya peluang melamar kerja yang lebih baik ketimbang hanya lulusan SMA/SMK, sebab yang dilihat oleh perusahaan yang menerima surat lamaran-mu yaitu latar belakang pendidikanmu.

    Jika kamu berfikir pendidikan itu mahal, coba abaikan saja. - DEREK BOK
    Artinya : Jika kamu berprasangka pendidikan mahal hanya menghabiskan uang, buang cara berfikir tersebut.
  2. Apa yang diperoleh dari kuliah?
    Taukah kamu, salah satu hal yang termahal didunia adalah informasi. Sadarkah kamu, kenapa biaya pendidikan begitu mahal? Karena pendidikan ini yang mempekerjakan para guru-guru atau dosen-dosen untuk memberikan informasi yaitu Pengetahuan dan Ilmu. Kedua hal tersebut bukan semata-mata diperoleh begitu saja, ada yang dikorbankan oleh manusia untuk memperolehnya, dan sesuatu yang dikorbankan itu tidak bisa dibeli kembali, apa lagi kalau bukan "WAKTU". Waktu disini lebih diarakan pada pengalaman-pengalaman yang dilalui oleh para pencari dan pengembang pengetahuan maupun ilmu tesebut. Maka dari itu sudah selayaknya harga sebuah informasi berupa pengetahuan dan ilmu tersebut sangatlah mahal. Jika kamu kuliah dengan sungguh-sungguh, memahami dan mencerna serta menerapkan pengetahuan dan ilmu yang kamu dapat di kampus, saya yakin kamu tidak akan sia-sia memilih kuliah.
    Ingatlah, segala sesuatu akan berguna jika diterapkan dan digunakan dengan tepat dan sesuai. Pisau jika didiamkan sekian lama, akan tumpul. Namun jika dipakai untuk memasak / memotong sesuatu, merupakan hal yang tepat dan sesuai. Pisau bisa tumpul jika tidak diasah, begitu juga dengan pengetahuan dan ilmu yang kamu peroleh, jika terus kamu serap dan kembangkan(diasah) maka akan menjadi sebuah nilai bagi dirimu yang akan berguna dimasa mendatang.
  3. Kuliah hanya menghabiskan uang?
    Itu pernyataan benar kalau kamu malas-malasan saat kuliah, sering bolos dan tidak serius. Apa lagi yang merasa kalau uang tersebut bukan jerih payahmu. Kamu bekerja agar bisa membayar biaya kuliah, saya yakin pasti bersungguh-sungguh dalam mencari pengetahuan dan ilmu.
    Segala sesuatu tidak ada yang sia-sia, kerja keras akan membawakan hasil seperti kerja kerasmu menuntut ilmu, saya yakin pasti ada gunanya suatu saat nanti.
 "KERJA"

Kalau cita-citamu nantinya memang bekerja untuk perusahaan dan masih belum tahu mau bekerja apa, lebih baik kuliah S1. Kamu punya waktu 2-3 tahun untuk menentukan fokusmu. Sehingga pada saat kamu melamar pekerjaan ke perusahaan tertentu, mereka akan menilai latar belakangmu berdasarkan IPK dan seberapa banyak kamu tahu tentang posisi yang kamu lamar tersebut. Tapi kalau kamu mau buka bisnis sendiri itu berbeda cerita. Tapi apa kamu yakin dengan kemampuanmu? Apa kamu yakin mampu bersaing dengan ide yang terbatas?
Atau kamu memilih jadi bekerja ditoko orang lain atau bahkan jadi bawahan seterusnya? Pikirkan baik-baik masa depanmu. Saya yakin kuliah bukanlah pilihan yang buruk. Berbisnis justru pilihan yang agak meragukan karena bisnis sendiri seperti perjudian. Keputusan yang kamu buat pada bisnismu menentukan masa depan bisnismu. Bekerja sebagai karyawan juga bukanlah hal yang mudah, berapa lama kamu harus bekerja agar naik jabatan? Tapi kalau dengan adanya pengetahuan dan ilmu yang kamu peroleh, kemungkinan kamu menarik perhatian bos-mu atau atasan-mu semakin besar.
Ingat, tidak semua orang bisa sukses begitu saja, tanpa ada yang dikorbankan. Jangan melihat orang-orang sukses yang di DO dari kampus/keluar dari perguruan tinggi lalu mencoba ide gila dan menjadi sukses. Itu sendiri sebuah perjudian hidup, dia mengorbankan semuanya dan mencoba pada sebuah peruntungan bisnis. Tidak ada jaminan pasti kamu sukses juga seperti mereka.
So, pikirkan sekali lagi, betapa pentingnya kuliah agar memperoleh ilmu untuk masa depanmu dan intinya adalah kuliah itu penting!

Anonim

Developer

Mahasiswa STMIK Widya Dharma Pontianak.
Silahkan kunjungi blog lainnya Mr.Pedo Review dan AMV-PV World

0 comments:

Posting Komentar