Kegiatan Widya Dharma Pontianak

by 18:23 0 comments


Sudah 30 tahun sejak 1986, Perguruan Tinggi Widya Dharma Pontianak telah sangat memperhatikan pengembangan kemahasiswaan dimana hal ini ditujukan dengan mendampingi mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan kokurikuler/ekstrakurikuler. Dimana kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk baik diskusi, seminar, pelatihan dan pemberian kesempatan pada mahasiswa untuk terlibat dalam organisasi kemahasiswaan baik yang berkaitan dengan keilmuan, minat, bakat dan kegemaran serta kesejahteraan mahasiswa, juga pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut telah menjadi fokus perguruan tinggi Widya Dharma Pontianak untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa terutama soft skill mereka. Melalui kegiatan-kegiatan inilah yang diharapkan agar mahasiswanya mampu meningkatkan potensi diri dan kepribadiannya juga untuk menumbuhkan mental yang tangguh dan bermanfaat bagi orang di sekelilingnya. Berikut beberapa kegiatan widya dharma yang sempat didokumentasikan:

  • Penyuluhan tentang bahaya narkoba



Pada tanggal 23 dan 24 November 2013, pihak STMIK Widya Dharma bekerja sama dengan BNN Kalimantan Barat memberikan Penyuluhan tentang Bahaya Narkoba Peserta yang mengikuti penyuluhan ini adalah semua mahasiswa-mahasiswa STMIK Widya Dharma Semeseter I. Tujuan dari penyuluhan ini adalah untuk memberikan pandangan dan informasi akan bahaya penggunaan narkoba. Kegiatan penyuluhan ini selalu rutin diadakan oleh STMIK Widya Dharma bagi mahasiswa-mahasiswi baru (semester I) untuk menghindari terjadi penggunaan narkoba dalam kehidupan di kalangan mahasiswa. Semoga penyuluhan ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

  • Seminar Female Dev Bersama Google Business Group



Pada tanggal 23 Februari 2014 yang lalu, STMIK Widya Dharma bekerja sama dengan Google Group telah mengadakan seminar FemaleDev dan Google Business Group untuk mahasiswa-mahasiswa STMIK Widya Dharma dan umum. Pembicara dalam seminar ini adalah Sdr. Benny Fajarai (CEO dari kreavi.com) yang merupakan anggota dari Google Group. Seminar diadakan dengan 2 session. Session pertama dimulai jam 9 pagi sampai jam 12 siang dengan tema Female Development (FemaleDev.com) dengan judul “Pemrograman HTML”, session pertama ini dikhususkan untuk para mahasiswi. Sedangkan session kedua diikuti oleh umum (mahasiswa/mahasiswi STMIK Widya Dharma dan umum) yang dimulai jam 13 siang sampai jam 15 sore dengan tema Google Business Group dengan judul “Pemakaian Google untuk Business”. Terlihat dalam seminar tersebut peserta sangat antusias dalam mengikuti penjelasan yang disampaikan oleh sdr. Benny Fajarai. Diharapkan setelah seminar ini dilakukan dapat terbentuk komunitas FemaleDev dan Google Business Group di tingkat mahasiswa/i STMIK Widya Dharma Pontianak, dan juga para peserta dalam seminar dapat mengikuti sesi-sesi yang akan diadakan oleh Google Group di tempat-tempat yang berbeda di kota Pontianak.
  • Table Maner Class



Memahami aturan tata krama di meja makan alias table manner adalah bagian dari pengetahuan standar setiap orang. Meski demikian banyak pernak-pernik yang membedakan sistem table manner, sesuai dengan adat kebiasaan masing-masing negara. Untuk masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan profesional, table manner paling banyak diadopsi dari standar Amerika. Meski tentu saja tetap dicampur dengan adat kebiasaan orang Indonesia itu sendiri.

Aturan-aturan pokok tata cara di meja makan yang dipelajari mahasiswa/I widya dharma ini terdiri atas 3 yang utama yakni, pertama sebelum makan, kedua tata cara menggunakan perlengkapan makan, dan yang ketiga saat makan sedang berlangsung.

  • Lomba Bahasa Manadarin




Dua mahasiswi ABA Widya Dharma berkesempatan mewakili ABA WD dalam kompetisi Bahasa Mandarin “Chinese Bridge” yang diselenggarakan Pusat Bahasa Mandarin dan Bakor Mandarin Kalimantan Barat. Kompetisi ini berlangsung pada hari Sabtu, 20 April 2013 di Ruang Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak. Kedua mahasiswi tersebut adalah Christi dan Devi Ratna Sari. Mereka memberikan pidato singkat sekitar 2-3 menit dengan tema utama “A Bridge to Happiness”. Selain itu mereka juga menampilkan pertunjukan seni tradisional China. Christi dan Devi telah membuat bangga ABA WD dalam kompetisi ini dengan pertunjukan yang memukau para juri dan hadirin yang ada. Christi menampilkan pertunjukan seni Tai-chi yang menggabungkan power dan gracefulness, sedangkan Devi Ratna Sari menyuguhkan tarian klasik tradisional China dengan gerakannya yang lentur dan memikat. Terima kasih juga kepada mahasiswi ABA WD yang telah turut hadir dalam memberikan dukungan moril kepada kedua sahabatnya ini. Mohon dukungannya lagi pada babak final yang akan diselenggarakan di Gedung Multimedia SMA Santu Petrus Pontianak pada hari Minggu, 28 April 2013 mendatang.Bakti Sosial


Sebagai bentuk dari Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Pada Masyarakat, maka STMIK Widya Dharma mengadakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos). Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin tahunan dan untuk tahun 2016 ini kegiatan bakti sosial dilaksanakan pada tanggal 6-8 Mei 2016 di Dusun Buluh, Desa Sekilap, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak dengan tema “ Kegiatan dalam bakti sosial Bersama Masyarakat Benahi Lingkungan”. Bakti Sosial ini diikuti oleh 101 mahasiswa-mahasiswi STMIK Widya Dharma dan 2 orang dosen pendamping. Dalam bakti sosial tahun 2016 ini dilakukan berbagai kegiatan yaitu perbaikan/pengecatan 2 buah gereja, sumbangan buku ke sekolah-sekolah (PAUD, SD, SMP dan SMA), penyuluhan anti narkoba, pertandingan volly , sumbangan peralatan sholat ke mesjid, pemasangan nomor rumah, pemasangan plang nama gereja dan ramah tamah dengan penduduk.

Jadi itulah beberapa kegiatan yang dapat ditampilkan. Selain itu, Terdapat juga berbagai kegiatan Widya Dharma Pontianak lainnya yang tentunya sangatlah bermanfaat bagi kegiatan Kemahasiswaan Widya Dharma Pontianak yang tak dapat di tampilkan satu persatu tentunya.

Anonim

Developer

Mahasiswa STMIK Widya Dharma Pontianak.
Silahkan kunjungi blog lainnya Mr.Pedo Review dan AMV-PV World

0 comments:

Posting Komentar